News Update :
Home » » Membuat Usaha Konveksi Dari Nol

Membuat Usaha Konveksi Dari Nol

Penulis : Berita Nasional on Jumat, 11 November 2016 | 21.50


Konveksi merupakan salah satu bidang usaha yang mampu memberi keuntungan besar bagi pengelolanya. Jadi tidak ada salahnya bisnis ini ditekuni sebagai sumber penghasilan utama atau tambahan. Tetapi sebelum terjun langsung, pasti harus mengetahui lebih dulu bagaimana cara membuat usaha konveksi dari nol agar bisa berkembang dan maju dengan pesat.


Kelebihan usaha konveksi

Saat ini makin banyak yang tertarik menjalankan usaha konveksi baik dalam skala besar atau kecil. Jadi dapat dikatakan tingkat persaingannya tergolong tinggi. Meski demikian bisnis ini tetap memiliki prospek masa depan yang cerah karena segmen pasarnya juga sangat luas.

Bahkan dari waktu ke waktu angka permintaannya terus mengalami peningkatan. Hal ini bisa terjadi karena bisnis konveksi mempunyai variasi produk yang sangat lengkap. Seperti baju, celana, kemeja, t-shirt, tas dan lainnya merupakan hasil produksi dari bisnis konveksi.

Selain itu menjalankan usaha konveksi dari nol tidak membutuhkan modal besar. Modal tertinggi yang perlu diperhitungkan hanya mesin dan peralatan menjahit dan tukang jahit saja. Hal inilah yang membuat orang makin tertarik dan bersemangat membuka usaha konveksi di rumahnya sendiri. 


Tips menjalankan usaha konveksi

Ketika memulai usaha konveksi dari nol sebaiknya dijalankan di rumah sendiri saja sebagai tempat produksi. Apalagi jika belum memiliki budget yang cukup untuk mengontrak pabrik. Setelah itu buat beberapa contoh pakaian kemudian ditawarkan pada penjual pengecer atau pedagang dalam kota. 

Setelah mendapat pesanan, apabila jumlahnya belum terlalu banyak jangan langsung mencari tukang jahit atau pegawai. Karena hal ini akan membuat biaya pengeluaran jadi membengkak sebab harus membeli mesin dan peralatan menjahit untuk mereka. 

Lebih baik melakukan kontrak kerja dengan rekanan yang sama-sama memproduksi pakaian jadi. Setelah berjalan lancar dan dapat order yang lebih banyak, boleh memproduksi pakaian sendiri agar bisa mendapat keuntungan yang lebih besar.

Ketika sudah mampu memproduksi sendiri, pemasaran dapat dilanjutkan pada tingkatan yang lebih tinggi. Sekarang banyak perusahaan konveksi besar yang lebih suka menjalin hubungan kerjasama dengan pelaku usaha konveksi rumahan untuk memenuhi pesanannya. Kondisi ini merupakan kesempatan besar untuk memajukan bisnis konveksi yang sedang dirintis. 

Langkah selanjutnya untuk merintis usaha konveksi dari nol yang perlu dijalankan adalah membuka toko yang menjual hasil produksi sendiri. Toko ini juga tidak perlu dibuka di mall yang harga sewanya mahal, namun cukup di rumah sendiri. Akan tetapi jika dibuka di rumah sendiri jangan lupa melakukan promosi agar bisnis konveksi tersebut makin dikenal orang. 

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, kualitas produksi harus selalu dijaga agar pelanggan dan pembeli merasa puas. Apalagi untuk pesanan yang datang dari perusahaan besar atau instansi pemerintah dan swasta. Sebab melalui pesanan yang jumlahnya selalu banyak inilah kapasitas produksi bisa ditingkatkan dengan cepat. 

Perlu diketahui pula, bordir dan sablon merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia konveksi. Jika ingin menghasilkan produk konveksi yang lebih menarik serta disukai banyak orang, kedua elemen ini harus dijadikan sebagai pelengkap. 

Untuk tahap permulaan tidak perlu membeli mesin bordir dan alat sablon sendiri, tapi cukup dioper ke tukang bordir atau tukang sablon. Tetapi apabila usaha konveksi sudah berkembang pesat, kebutuhan ini sebaiknya dipenuhi sendiri untuk menekan biaya pengeluaran. 



Tips pemasaran

Kemudian terkait lagi dengan pemasaran, ada suatu tips yang perlu dilakukan saat membuka usaha konveksi dari nol terutama bagi pemula. Pemasaran tersebut jangan dilakukan secara sendirian saja, namun mengajak orang lain melalui sistem dropship, affiliate dan sebagainya.

Sistem ini bisa berjalan dengan baik jika dilaksanakan secara online. Jadi alangkah bagusnya jika pengelola usaha konveksi mau belajar sistem pemasaran melalui jaringan internet. Selain itu harus bisa membuka toko online agar memiliki pangsa pasar yang lebih luas. 

Apabila belum dapat membuat toko online sendiri, pemasaran produk-produk konveksi juga dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis. Misalnya melalui jejaring sosial, instagram, BBM dan sebagainya. 

Mengelola dan membuat usaha konveksi dari nol itu sebenarnya tidak sesulit yang selama ini dibayangkan orang. Jika mau menjalankan beberapa tips yang disebutkan di atas, niscaya bisnis tersebut dapat berkembang jadi ladang bisnis yang besar. Apalagi jika disertai dengan kerja keras dan sifat pantang menyerah. Selamat berjuang semoga sukses. 


Share this article :

Posting Komentar